Saturday, November 20, 2010

Misteri tentang ritual kebudayaan Olmec

Saturday, November 20, 2010




Maap karena ada beberapa kendala pengisian atikel untuk blog ini sedikit terganggu, kayae lama ga bahas artikel yang berbau kebudayaan kuno, nah kali ini aku coba mengangkat sebuah sejarah kuno yang memiliki ritula yang sangat sangat sulit dipahami oleh ilmuwan..Olmec.

Terdapat sebuah kebudayaan kuno yang berkembang di daerah Mesoamerica sekitar tahun 1.100 Sebelum Masehi, yang menjadi suatu misteri bagi para ahli sejarah, yaitu kebudayaan Olmec. Ritual religius mereka sangat tidak bisa dipahami, begitu pula asal mula keberadaan mereka. Bagaimana kebudayaan itu dapat berkembang dan memiliki pengaruh yang luar biasa di seluruh daerah itu?

Menurut beberapa penulis, termasuk Mike Xu, profesor bidang studi Tiongkok di University of Central Oklahoma, Olmec adalah keturunan dari bangsa Tionghoa kuno. Bukti adalah kebudayaan Olmec dimulai pada sekitar tahun 1.100 SM, beberapa tahun setelah jatuhnya Dinasti Shang Tiongkok (1.766-1.122 SM). Berdasarkan sejarah kuno pada masa itu, ketika Dinasti Zhou mulai menyerbu dan menjatuhkan Dinasti Shang, sebuah catatan menyebutkan bahwa putra kaisar membawa sekitar 25.000 orang ahli menuju "Lautan Timur". Menurut Mike Xu, ini adalah masyarakat Olmec yang pertama.

Sesuai dengan sejarah, pada waktu itu Angkatan Laut Tiongkok merupakan yang paling maju pada eranya. Beberapa ahli sejarah mengemukakan bahwa musafir Tiongkok ini dapat berlayar hingga ke pesisir Amerika berkat bantuan "Arus Hitam". Dikenal dengan nama Kuro Shiwo atau "Arus Kematian" dalam bahasa Jepang, arus di Lautan Pasifik ini sanggup membantu navigasi dari laut Tiongkok kuno ke daratan Amerika. Dalam artikelnya di majalah Pelayaran 48 Degrees North, " Apakah kita hidup di Tanah Fusang?" Hewitt R. Jakcson menulis bahwa ada bukti kemiripan tentang pelaut pra-Kolombia Tiongkok yang sudah dikonfirmasi:

"Mungkin laporan dokumentasi terbaik yang telah dapat dipelajari adalah dari catatan Hwui Chan (Hoei Shin). Dia adalah seorang "cha-men" atau seorang biksu dari Afghanistan sebagai misionaris agama Buddha pertama menuju Tiongkok. Ini adalah sebuah periode penyebaran agama Buddha secara besar-besaran dan perjalanan luar biasa melalui daratan dan lautan. Hwui Chan berlayar ke Amerika sekitar 500 tahun sebelum Leif Erickson dan seribu tahun sebelum Columbus. Deskripsinya tentang daratan yang dikunjungi mengindikasikan bahwa dia telah melewati Kalifornia dan menetap di Meksiko. Setelah tinggal di sana selama 40 tahun, dia kembali ke Tiongkok pada 499 Masehi ,dan kemudian menceritakan tentang perjalanan dan pengalamannya ke Kaisar Wu Ti Cerita tentang Fusang sangat terkenal pada masa itu di Tiongkok. Hal ini akhirnya diakui dan diterima oleh cendekiawan Barat, tetapi untuk beberapa alasan cerita ini ditinggalkan dalam sejarah dan literature kita pada beberapa abad terakhir."

Arus Hitam dapat menjelaskan tentang perjalanannya, dan benda-benda kuno peninggalan Olmec dapat menjelaskan lebih lanjut tentang teori yang ada. Dari tulisan yang ditemukan pada kendi, barang-barang tanah liat dan patung dapat dilihat pengaruh nyata kebudayaan Tiongkok. Profesor Xu menunjukkan bahwa bermacam-macam kata yang di pakai pada benda dekorasi persis sama dengan yang dipakai pada masa Dinasti Shang di Tiongkok: Matahari, gunung, seni, air, hujan, pengorbanan, kesehatan, tumbuhan, kekayaan, dan bumi. Selain itu, sebagian besar dari 146 karakter yang dipakai oleh bangsa Olmec persis sama dengan tulisan Tiongkok primitif. Ketika Xu menunjukkan benda-benda kuno peninggalan Olmec kepada mahasiswa yang melakukan analisa kebudayaan Tiongkok kuno, mereka bahkan percaya bahwa itu adalah tulisan Tiongkok kuno.

Meskipun sebagian besar cendekiawan Mesoamerican menolak teori Xu- shingga kemudian di beri label "orang paling berbahaya dalam penelitian Mesoamerican"- tetapi teori Xu setidaknya dapat memberikan secercah cahaya tentang kebudayaan misterius Olmec dibanding teori lain yang telah diterima tetapi tidak dapat menerangkan dengan baik.

Dalam suratnya kepada Scince Magazine tahun 2005, Betty J. Menggers dari National Musemum of Natural Hostory di Smithsonian Institution mengkiritik sebagian cendekiawan Mesoamerican yang tidak bisa menerima perbandingan di sampaikan oleh Xu " Penemuan tulisan merevolusi masyarakat Tiongkok dengan memfasilitasi komunikasi antar 60 bahasa yang tidak bisa di pahami satu sama lain serta memberikan hasil peningkatan interaksi komersial dan intgrasi sosial.

Penyebaran yang cepat dari ikonografi (tulisan simbol) Olmec dan penjelasan asosiasi kebudayaan yang menjelaskan bahwa hal yang sama terjadi pada seluruh Mesoamerican yang multi bahasa. Runtuhnya Kekaisaran Dinasti Shang sekitar tahun 1.500 SM, ternyata bertepatan dengan munculnya peradaban Olmec . 

sumber : http://betamedialink.blogspot.com/
Cara Cepat HamilCafe Bisnis OnlineProgram Affiliate IndowebmakerProgram Affiliate Indowebmaker Rahasia Flip Klik Disini
Tempat Download Film BokepPayudaraTubuh Sexy Wanita Berbalut HandukMengigit

0 comments:

Post a Comment