Thursday, November 25, 2010

Penyakit kutil kelamin berdasarkan p enelitian bisa di cegah sejak dini

Thursday, November 25, 2010
PENELITIAN terbaru menyatakan, kutil kelamin bisa dicegah. Namun penyakit ini masih patut diwaspadai dan jangan pernah disepelekan. Karena mereka yang menderita harus menanggung beban sakit, mental dan psikologi.

Berdasarkan Centers of Disease Control and Prevention (CDC) terdapat sekitar 6,2 juta kasus baru penyakit infeksi menular akibat virus Human Papillomavirus(HPV) setiap tahunnya, termasuk penyakit kutil kelamin. Mengutip data di Amerika Serikat, sampai di satu waktu, sebanyak 1 juta orang diperkirakan akan menderita kutil kelamin. Ini berarti, setiap menitnya terdapat 1 kasus baru.

Mungkin istilah kutil kelamin jarang sekali didengar di masyarakat awam, padahal penyakit ini bisa dikatakan cukup berbahaya. Hal tersebut ditunjukkan dari adanya fakta bahwa kasus kutil kelamin adalah penyakit kelamin menular yang paling banyak dilaporkan di seluruh dunia. Sekitar dua per tiga orang dari seluruh dunia yang melakukan kontak seksual dengan pasangan yang menderita kutil kelamin biasanya akan langsung tertular dalam waktu kurang lebih 3 bulan.

Dikatakan oleh Spesialis Dermatologi dari Rumah Sakit Ciptomangunkusumo, dr Wresti Indriatmi B Mkes MD MEpid, bahwa kutil kelamin adalah benjolan-benjolan yang tumbuh pada alat kelamin manusia dalam berbagai variasi ukuran. Pada perempuan, kutil kelamin tumbuh pada area vulva dan cervix, serta di daerah sekitar anus dan vagina. Sementara pada laki-laki, kutil kelamin akan cenderung muncul pada penis atau skrotum. Pada kasus-kasus tertentu, kutil kelamin tumbuh pada sela-sela selangkangan.

“Kutil kelamin memiliki kesamaan dengan kutil yang terdapat di bagian lain tubuh dalam hal penyebabnya,” tutur dokter yang juga menjadi pengajar di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, Departemen Kesehatan Kulit dan Kelamin.

Kutil kelamin adalah benjolan-benjolan yang tumbuh pada alat kelamin manusia dalam berbagai variasi ukuran yang dapat pula berkembang dalam kelompok sehingga menjadi kumpulan kutil yang jika diteliti tampak seperti bentuk kembang kol.

Diketahui bahwa kutil kelamin disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus (HPV). Virus ini merupakan virus yang sama dengan penyebab kanker serviks, namun berbeda dengan kanker serviks yang disebabkan oleh HPV tipe 16 & 18, maka kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe 6 & 11.

Seperti halnya kanker serviks yang disebabkan oleh HPV dan lebih dulu dikenal, infeksi HPV yang menyebabkan kutil kelamin ini juga dapat dicegah. Selain berupaya menghindari faktor-faktor risikonya, seperti kontak kulit antarorgan genital dan melakukan hubungan seksual dengan lebih dari 1 pasangan, kedua penyakit ini dapat ditangkal dengan bantuan proteksi vaksin HPV quadrivalent yang dapat melindungi tubuh dari ancaman empat tipe HPV sekaligus, yaitu tipe 16 & 18 sebagai penyebab kanker serviks dan tipe 6 & 11 sebagai penyebab kutil kelamin. Vaksin HPV quadrivalent diaplikasikan sebanyak 3 kali suntikan, di bulan 0, bulan ke-2, dan bulan ke-6.

Vaksin ini tidak hanya diperuntukkan bagi kaum perempuan, tetapi juga untuk kelompok laki-laki yang mempunyai risiko sama besar menderita kutil kelamin. Data terbaru menyebutkan, CDC’s Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) merekomendasikan 3 dosis seri vaksinasi bagi anak perempuan sejak usia 11 tahun hingga wanita dewasa usia 26 tahun.(Okezone)
Cara Cepat HamilCafe Bisnis OnlineProgram Affiliate IndowebmakerProgram Affiliate Indowebmaker Rahasia Flip Klik Disini
Tempat Download Film BokepPayudaraTubuh Sexy Wanita Berbalut HandukMengigit

0 comments:

Post a Comment